7 Tempat Wisata Menarik di Sragen, Jawa Tengah

Wisata Menarik di Sragen – Berjarak sekitaran 30 km ke arah utara dari Kota Solo, Sragen adalah satu kabupaten yang masuk lokasi yang kerap dikatakan sebagai Solo Raya. Dibanding kabupaten lain yang masuk lokasi Solo Raya, Sragen memanglah relatif paling tidak sering didengar.

Sragen yang dijuluki sebagai Bumi Sukowati karena mempunyai lokasi  Wisata di Sragen yang luas. Lokasi kabupaten ini termasuk juga Website Sangiran yang diakui sebagai pusat beradaban manusia purba pada zaman pra-sejarah. Satu museum yang menaruh fosil dan beragam perlengkapan manusia purba di bangun di lokasi Sangiran untuk kepentingan edukasi.

Museum Manusia Purba Sangiran

Wisata Menarik di Sragen

Sangiran adalah satu diantara tempat yang paling populer di Sragen. Tetapi, masih tetap terdapat banyak tempat lain yang dapat kamu kunjungi bila kebetulan tengah ada di Sragen.

Di bawah ini yaitu sebagian tempat menarik yang dapat kamu kunjungi.

1. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Sangiran adalah aset wisata paling utama untuk Kabupaten Sragen. Ditempat berikut kita dapat lihat tulang belulang manusia dan binatang purba yang kerap kita tekuni di mata pelajaran Histori. Terkecuali fosil, kita dapat juga lihat peralatan berburu seperti kapak batu yang dahulu dipakai oleh manusia purba untuk bertahan hidup. Buku-buku tua akan kamu dapatkan di museum ini. Tempat museum sendiri ada di lokasi Website Sangiran yang diakui sebagai satu diantara pusat kehidupan manusia purba di zaman pra-sejarah.

Tempat Museum Sangiran ada di Desa Krikilan, Kemacatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Museum ini dapat dapat dibuka dengan gampang dari Kota Solo. Terlebih, bila dihitung jaraknya lebih dekat dibanding dari pusat kota Sragen.

2. Waduk Kedung Ombo

Aset wisata unggulan lain di Sragen terkecuali Sangiran yaitu Waduk Kedung Ombo. Tempat waduk ini sejatinya ada di lokasi perbatasan pada Kabupaten Sragen, Boyolali serta Grobogan. Tetapi, tempat pengembangan wisata di waduk ini ada di lokasi Kabupaten Sragen. Luas waduk ini sendiri meraih 6. 576 ha. Panorama di sekelilingnya tampak begitu indah. Yang menarik dari waduk ini yaitu padang rumput yang ada di bendungan. Tampak begitu luas serta hijau.

Di lokasi wisata Waduk Kedung Ombo sudah di bangun sangat banyak sarana. Diantaranya bumi perkemahan dan pasar ikan. Berkeliling danau memakai perahu adalah kesibukan paling mengasyikkan di Waduk Kedung Ombo.

3. Pemandian Air Panas Bayanan

Bayanan di kenal sebagai obyek wisata pemandian air hangat. Tempat ini ada di lokasi kaki Gunung Lawu hingga mempunyai hawa yang condong sejuk dibanding beberapa tempat lain di Sragen yang beberapa besar ada di dataran rendah. Pemandian ini dahulu bernama Pemandian Hyang Tirto Nirmolo serta di bangun pada th. 1808 oleh seseorang Belanda yang di kenal dengan nama Tuan Praul. Tempat pemandian ini sendiri ada di Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen.

4. Dayu Park

Di Sragen ada satu taman wisata yang cukup menarik. Namanya yaitu Dayu Park. Jaraknya tidak sangat jauh dari pusat kota, cuma sekitaran 6 km. Tempat ini sejenis lokasi wisata terpadu. Terdapat banyak wahana bermain bertopik air yang dapat kita cobalah di taman ini. Diluar itu, ada pula wahana lain berbentuk outbond sampai flying fox yang dapat kita cobalah. Dayu Park jug diperlengkapi dengan agrowisata dan kebun binatang mini.

5. Taman Krido Anggo

Krido Anggo adalah satu taman yang tempatnya ada di depan tempat tinggal dinas bupati Sragen. Tempat taman ini berjarak sekitaran 500 mtr. dari alun-alun kota. Sebelumnya diperkembang jadi satu taman, tempat ini dahulu adalah gedung KNPI. Tetapi, bangunan gedung saat ini sudah dirobohkan untuk pembuatan public space baru di Bumi Sukowati. Taman Krido Anggo adalah satu diantara tempat menarik untuk enjoy sesaat sembari nikmati situasi Kota Sragen. Kehadiran pohon-pohon yang rindang bikin acara nongkrong di taman ini jadi makin asyik.

6. Kolam Renang Kartika

Kartika adalah kolam renang yang cukup populer di Sragen. Tempat tempat ini ada persis di samping Stadion Taruna. Tempat ini seringkali dikunjungi beberapa pelajar yang akan belajar berenang serta umumnya bakal begitu ramai pada hari libur. Bila kamu menginginkan beri kesegaran diri di dalam cuaca Sragen yang cukup panas, tidak ada kelirunya untuk bertandang serta berenang ditempat ini.

7. Alun-alun

Last but not least. Alun-alun adalah satu diantara tempat paling baik untuk nikmati situasi Kota Sragen. Datanglah pada sore hari untuk nikmati situasi yang lebih meriah. Waktu sore tiba, umumnya bakal mulai banyak anak-anak muda yang hang out. Kamu dapat nikmati situasi sembari nikmati jajanan murah meriah yang banyak dijajakan di sekitaran alun-aun.

Alun-alun ini mempunyai nama Alun-Alun Sasono Langen Putro, tetapi kelihatannya sedikit yang tahu masalah nama itu. Th. 2015 lantas dinas berkaitan setempat lakukan make over pada alun-alun ini. Sebagian sarana di bangun untuk bikin pengunjung makin nyaman. Kehadiran air mancur juga ikut bikin lokasi  Wisata di Sragen alun-alun ini makin menarik. Bila malam Minggu tiba, Alun-Alun Sasono Langen Putro bakal makin ramai oleh kunjungan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *